SILABUS PEMBELAJARAN
Madrasah : MTs Ma’arif NU 1 Sumbang
Kelas/Semester : VIII / II
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi :
4. Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
KARAKTER
|
||
TEKHNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4.1
Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan
hadiah
|
Ketentuan Shadaqah,
hibah dan hadiah
|
1. Melakukan
studi litertatur secara mandiri menemukan dalil serta dapat membedakan
antara shadaqah, hibah, hadiah
2. Mendiskusikan tentang Shadaqah,
hibah, hadiah serta dalilnya
3. Mendiskusikan pengelolaan Shadaqah, hibah, hadiah yang
benar
|
Siswa dapat :
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Pilihan Ganda
|
Jelaskan pengertian sodaqoh dengan benar
Sedekah itu menghapuskan dosa sebagaimana....
a. Air memadamkan api
b. Api membakar kayu
|
4 x 40’
|
Sumber:
Al
Qur’an terjemahan dan hadits
Buku acuan
Paket Fikih Depag
Alat:
OHP/komputer,LCD.
Bahan:
LKS,
Bahan Presentasi
|
Relijius,Toleransi,menghargai
prestasi,bersahabat/komunikatif dan peduli sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
KARAKTER
|
||
TEKHNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4.2 Mempraktek-kan shadaqah,
hibah dan hadiah
|
Praktek shadaqah,hibah dan hadiah
|
· Siswa membaca
literatur/referensi tentang tata-car/praktek
shadaqah, hibah, dan hadiah.
· Membentuk kelompok
kemudian berdemonstrasi /melakukan
simulasi praktek shadaqoh,hibah dan hadiah
|
Siswa dapat :
Terbiasa
melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
|
Unjuk
kerja/Praktek
|
Uji Unjuk
kerja/praktek
|
Praktekan
simulasi bershadaqah,hibah dan hadiah
|
·
· 2 X 40
·
|
·
Sumber:
· Al Qur’-an terje-mahan dan hadits
· Buku acuan Pa-ket Fikih Depag
·
Alat:
· OHP/komputer, LCD.
· LKS, Bahan Presentasi
|
Relijius,Toleransi,menghargai
prestasi,bersahabat/komunikatif dan peduli sosial
|
Mengetahui,
Kepala MTs Ma’arif NU 1
Sumbang
KASIMAN,S.Ag
NIP.195708281981031003
|
|
Sumbang, 2013
Guru Mapel Fiqih
DARYANTO,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
MTs :
MTs Ma’arif NU 1 Sumbang
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit (2 Kali pertemuan)
Pertemuan ke : 1
A.
Standar Kompetensi
4.
Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat
B.
Kompetensi Dasar
4.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
§ Siswa dapat memahami
manfaat orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
D.
Karakter Peserta Didik Yang Diharapkan
§
Relijius,Toleransi,menghargai prestasi,bersahabat/komunikatif dan peduli
sosial
E.
Materi Pembelajaran
§ Pengertian Shadaqah, hibah, hadiah dan dalilnya
§ Perbedaan Shadaqah, hibah dan hadiah
§ manfaat
orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok/reading: kegiatan ini digunakan untuk
mengumpulkan informasi tentang pengertian shadaqah,
hibah, dan hadiah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema
yang berkenaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar
materi shadaqah, hibah, dan hadiah yang dikaitkan dengan pengalaman
siswa
Motivasi :
§
Memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya.
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang shadaqah, hibah, dan hadiah. (fase eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Membuat bagan shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase
elaborasi)
§
Pameran bagan dan
saling mengomentari (fase elaborasi)
§
Penguatan tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah (fase konfirmasi)bagi yang telah benar.
§
Konfirmasi berupa
bagi yang keliru adanya pembetulan?
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi shadaqah, hibah, dan hadiah.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari informasi seputar shadaqah, hibah, dan hadiah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang shadaqah, hibah, dan hadiah.
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa dapat menjelaskan pengertian
Shadaqah, hibah, Hadiah dan
dalilnya
§
Siswa dapat menjelaskan perbedaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
§
Siswa dapat menjelaskan manfaat
orang yang bershadaqah, hibah dan hadiah
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Pilihan ganda
Uraian
|
§
Jelaskan pengertian Shadaqah, hibah, Hadiah dan dalilnya!
§
Sedekah itu menghapuskan dosa sebagaimana....
a. Air memadamkan api
b. Api membakar kayu
c.
Minyak dengan air
d. Garam membunuh kuman
§
Sebutkan
perbedaan antara Shadaqah, Hibah dan Hadiah
|
Mengetahui,
Kepala MTs Ma’arif NU 1
Sumbang
KASIMAN,S.Ag
NIP.195708281981031003
|
|
Sumbang, 2013
Guru Mapel Fiqih
DARYANTO,S.Pd.I
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
MTs :
MTs Ma’arif NU 1 Sumbang
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4.
Memahami ketentuan pengeluaran harta diluar zakat
B.
Kompetensi Dasar
4.2
Mempraktekkan shadaqah,
hibah dan hadiah
C.
Tujuan Pembelajaran
§ Siswa membiasakan mengeluarkan shadaqah, hibah, hadiah
D.
Karakter Peserta Didik Yang Diharapkan
§
Relijius,Toleransi,menghargai prestasi,bersahabat/komunikatif dan peduli
sosial
E.
Materi Pembelajaran
§ Praktek shadaqah,hibah
dan hadiah
F.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan
pembelajaran berupa menerangkan tentang praktek
shadaqah,hibah dan hadiah
§ Demonstrasi: Metode ini digunakan guru dan siswa dalam mendemonstrasikan
shadaqah,hibah dan hadiah
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk melakukan
simulasi tentang shadaqah,hibah dan pemberian hadiah
§ Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan seputar pemberian shadaqah,hibah dan hadiah
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§
Memberikan pertanyaan seputar praktek shadaqah,hibah dan hadiah yang
dikaitkan dengan siswa
Motivasi :
§
Memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari /mempraktekan seputar
tata-cara shadaqah, hibah, dan hadiah
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang tata-car/praktek shadaqah, hibah, dan hadiah. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase eksplorasi)
§
Siswa melakukan
simulasi tentang shadaqah,hibah dan hadiah(fase elaborasi)
§
Membuat bagan shadaqah, hibah, dan hadiah dan tatacaranya (fase
elaborasi)
§
Pameran bagan dan
saling mengomentari (fase elaborasi)
§
Penguatan tentang pengertian shadaqah, hibah, dan hadiah (fase konfirmasi)
|
60 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi praktek tata-cara shadaqah, hibah, dan hadiah.
§
Guru memberikan tugas untuk mencari informasi berkaitan
dengan praktek shadaqah, hibah, dan hadiah di desanya masing-masing untuk pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
|
H.
Sumber belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Fikih Depag
§ Alat: OHP/komputer,LCD, VCD tentang shodaqah,hibah dan hadiah
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Siswa
dapat membiasakan diri melaksanakan Shadaqah, Hibah dan Hadiah
|
Unjuk kerja
|
Uji praktek/simulasi
|
§
Praktekan
simulasi pelaksanaan Shadaqah, Hibah dan Hadiah!
|
Mengetahui,
Kepala MTs Ma’arif NU 1
Sumbang
KASIMAN,S.Ag
NIP.195708281981031003
|
|
Sumbang, 2013
Guru Mapel Fiqih
DARYANTO,S.Pd.I
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar